Barcelona Messidependencia Sakau, Mengapa Bisa Berdampak Buruk?

Barcelona Messidependencia Sakau, Mengapa Bisa Berdampak Buruk?

November 13, 2019 0 By Klub Taipan88

Klubtaipan – Barcelona tampil buruk di babak kesatu kontra Celta Vigo, Minggu 10/11/2019 lalu. Tanpa kreativitas, permainan datar, dan tidak benar-benar menakut-nakuti kiper lawan, Ruben Blanco Barcelona Messidependencia.

Tim tamu mulai percaya diri, situasinya benar-benar tenang. Namun, Lionel Messi terbangun, dia mencetak gol lewat titik putih, lalu menyelesaikan hattrick dengan dua gol tendangan bebas indah. BOLA TAIPAN

Barcelona Messidependencia Sakau

Tiga gol Messi sudah lumayan menyudahi perlawanan Celta Vigo, walau pada kesudahannya skor berubah jadi 4-1 guna kemenangan Blaugrana. Bukan itu, intinya Messi sekali lagi mengamankan Barca, entah telah berapa kali.

Kali ini Messi mengandalkan kelihaian mengeksekusi tendangan bebas untuk mengamankan tim. Kali lain, dia mengindikasikan sihirnya dalam menggiring bola. Pertanyaannya: hingga kapan Barca bergantung pada Messi?

Messi dependencia

Di Spanyol terdapat istilah Messidependencia, yang telah dikenal semenjak bertahun-tahun lalu. Mengutip Marca, Messidependencia menyorot tingginya ketergantungan Barca terhadap sang kapten.

Ketergantungan ini wajar untuk tim mana juga yang mempunyai pemain terbaik di dunia, bahkan Ernesto Valverde tidak inginkan repot-repot membantahnya. Masalahnya, Messi tidak dapat terus-menerus mengamankan Barca. BOLA TAIPAN

Messi pun manusia, dapat menjalani hari buruk. Seperti yang terjadi pada laga kontra Levante, tidak terdapat pemain beda yang dapat menyelamatkan tim saat Messi sedang bermain di bawah level biasanya. Tanpa Messi, Barca tak presisi. Tidak terdapat perbedaan besar, entah secara individual atau kolektif. Ketika Messi menggali dukungan, dia melulu melihat ruang kosong.

Contohnya?

Kekalahan Barca di kandang AS Roma dan Liverpool barangkali terlalu tidak jarang dibahas, namun dua laga tersebut memang akurat. Saat tersebut Messi tak berdaya dan saat tersebut Barcelona terpecah, mudah dirombak lawan.

Pihak klub telah bereaksi dengan menyebabkan sejumlah pemain top. Ada Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, dan Antoine Griezmann. Sejauh ini, ketiganya tidak cocok harapan, bahkan Coutinho telah dipinjamkan.

Barcelona Messidependencia

Masalah Barca hanya satu, namun rumitnya mohon ampun. Mereka seolah-olah berubah jadi tim bertolak belakang ketika Messi tidak bermain, berubah jadi kesebelasan lemah yang kebingungan.

Terlebih, Ernesto Valverde masih terus mengutak-atik skuad. Tanpa Messi di lapangan, percobaan seperti itu akan jadi bencana.

Jadi Ancaman

Bergantung pada Messi sah-sah saja, tidak terdapat yang salah. Namun, Barca mesti tau, ketergantungan apa pun tentu berujung masalah. Waktu berlangsung tanpa ampun, Messi semakin tua, mendekati umur pensiun. Ketika Messi benar-benar gantung sepatu nanti, Barcelona akan terpuruk andai belum pun menemukan pengganti.